Text
Penerapan Promosi dan Layanan Jasa Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba melakukan promosi perpustakaan dengan berbagai macam bentuk kegiatan yang dilakukan, yaitu, membuat brosur, menigkatkan layanan (wifi gratis, penataan ruangan, perpustakaan keliling dan menyediakan koleksi yang bervariasi/uptodate), melakukan sosialisasi secara formal/perorangan, mengadakan kegiatan lomba-lomba (storytelling, pidato, lomba membaca, pameran/bookfair, mendongeng, dan cerdas cermat), melakukan promosi di media sosial (facebook, instagram dan website) dan bekerjasama dengan instansi lain. Kegiatan promosi perpustakaan yang dilakukan tidak terlepas dari berbagai macam kendala yang ditemui seperti masih banyak masyarakat yang belum mengenal lebih dalam tentang fungsi dan tujuan perpustakaan, kurangnya dana dan fasilitas perpustakaan yang kurang memadai. Namun, dengan keterbatasan tersebut pihak perpustakaan masih bisa mengatasi kendala tersebut dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang terbatas dan anggaran yang terbatas secara sukarela. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba telah menerapkan berbagai macam layanan-layanan perpustakaan sebagai jembatan antar perpustakaan dan pemustaka. Sistem layanan yang diterapkan yaitu layanan terbuka untuk memberi kemudahan dan kebebasan kepada pemustaka dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Penerapan layanan perpustakaan tidak terlepas dari kendala yang timbul yaitu terbatasnya sarana dan prasarana, dan anggaran. Dalam mengatasi kendala tersebut pihak perpustakaan memaksimalkan semua yang ada di perpustakaan termasuk SDM nya dengan Ikhlas beramal.
No other version available