Text
PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UTSMAN BIN AFFAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
Skripsi ini membahas tentang persepsi Pemustaka Tentang Layanan Sirkulasi
di Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia pokok
permasalahan yang diangkat mengenai seberapa baik Persepsi Pemustaka Tentang
Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Muslim Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui seberapa baik Persepsi Pemustaka
Tentang Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Muslim Indonesia. Pada
penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif dengan populasi seluruh anggota perpustakaan Utsman Bin Affan
Universitas Muslim Indonesia yang berjumlah 40793 dengan sampel 100 responden.
Penentuan sampel menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Pemustaka Tentang Layanan
Sirkulasi di Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia baik,
dapat dilihat pada: Pertama, Persepsi Pemustaka tetang koleksi menunjukkan bahwa
koleksinya lengkap (63%), sesuai kebutuhan (75%), mutakhir (70%). Kedua, dari
segi layanan responden berpendapat bahwa mahasiswa mudah melakukan
pendaftaran anggota (91%), mudah melakukan peminjaman (84%), mudah
melakukan pengembalian buku (87%), pepanjangan (66%), sanksi yang tidak
memberatkan (72%), sarana penelusuran mudah digunakan (90%), dan layanan
wifinya mudah di akses (98%). Ketiga, dari segi sumber daya reponden berpendapat
bahwa petugas memahami kebutuhan di perpustakaan (93%), petugas sirulasi tanggap
(91%), dapat dipercaya (90%), dan waktu pelayanannya jelas (94%). Keempat, dari
segi sistem layanan responden berpendapat layanan digunakan baik karena
menggunakan sistem layanan terbuka (87%). Dai hasil jawaban responden diketahui
bahwa Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Utsmn Bin
Affan Universitas Musim Indonesia berada pada kategori tinggi dapat dilihat skor
variable sebesar 6062 (rentang skor 6000-7500) dengan persentase 80,82%.
Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian yang dihasilkan dapat
menjadi referensi terkait layanan sirkulasi dan juga dapat digunakan sebagai masukan
terhadap instansi terkait dengan mahasiswa.
No other version available