Text
PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 9 BULUKUMBA
Skripsi ini membahas tentang persepsi pemustaka terhadap layanan
sirkulasi di perpustakaan sekolah SMK Negeri 9 Bulukumba. Dengan rumusan
masalah bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di SMK Negeri
9 Bulukumba serta kendala apa yang di hadapi pemustaka dalam memanfaatkan
layanan di perpustakaan SMK Negeri 9 Bulukumba.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka perihal
pelayanan pada perpustakaan SMK Negeri 9 Bulukumba serta mengetahui
hambatan atau kendala yang di hadapi pemustaka dalam memanfaatkan layanan
layanan pada perpustakaan sekolah SMK Negeri 9 Bulukumba. Dalam penelitian
ini penulis menggunakan metode penelitian deskriftif dengan pendekatan
kualitatif yakni untuk mendeskripsikan data yang di peroleh dari beberapa
informan sebanyak 12 siswa-siswi SMK Negeri 9 Bulukumba dengan
menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan verifikasi, reduksi data, penyajian data,
terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sirkulasi di
perpustakaan SMK Negeri 9 Bulukumba di tinjau dari aspek empati, keandalan
(Realiabilty), daya tanggap (Responsiveness), dan jaminan (Assurence). Sangat
berkualitas dan berjalan dengan baik di karenakan petugas yang bertugas di
perpustakaan sangat memperhatikan layanan yang ada pada perpustakaan SMK
Negeri 9 Bulukumba. Kendala yang di hadapi pemustaka dalam perpustakaaan
SMK Negeri 9 Bulukumba adalah kurangnya anggaran atau dana sehingga koleksi
atau fasilitas buku yang ada di perpustakaan sedikit.
Implikasi yang terdapat dalam skripsi ini adalah pembaca dapat
mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan SMK
Negeri 9 Bulukumba dan dapat mengetahui sejarah singkat yang terdapat pada
sekolah SMK Negeri 9 Bulukumba serta dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan yang ada pada perpustakaan SMK Negeri 9 Bulukumba.
No other version available