Text
STRATEGI PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE OF 2019 (COVID-19)
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pelayanan Perpustakaan Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar di masa Pandemi COVID-19. Pokok
permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pengelola
perpustakaan dalam memberikan pelayanan di masa pandemi COVID-19 dan apa
saja faktor penghambat dalam melakukan pelayanan perpustakaan di masa
pandemi COVID-19.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Perpustakaan
Unversitas Islam Negeri Alauddin Makassar memberikan pelayanan selama masa
Pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui faktor yang menghambat pelayanan
perpustakaan Perpustakaan Unversitas Islam Negeri Alauddin Makassar di masa
Pandemi COVID-19 sebagai pusat informasi.
Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik peneitian dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan
narasumber dari penelitian yaitu 3 orang dan dikuatkan dengan beberapa hasil
observasi, buku maupun jurnal.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Strategi Pelayanan Perpustakaan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar di Masa Pandemi yaitu, mengubah
konsep perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan digital, diantaranya
yaitu mengoptimalkan layanan sirkulasi yaitu peminjaman, layanan bahan pustaka
elektronik berupa aplikasi Perpustakaan Syekh yusuf, komunikasi informasi lewat
website resmi Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan
jejaring media social dan beberapa inovasi terbaru. Dari layanan tersebut, terdapat
faktor penghambat diantaranya tidak ada koleksi terbaru, jaringan yang masih
kurang memadai, kurangnya sosialisasi pelayanan secara online serta masih
banyak buku yang belum dikembalikan sehingga menghambat proses layanan
selama pandemi.
No other version available