Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN REFERENSI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Skripsi ini membahas tentang pengaruh layanan referensi terhadap kepuasan
pemustaka di Universitas Muhammadiyah Makassar. Rumusan masalah skripsi ini
adalah seberapa besar pengaruh kualitas layanan referensi terhadap pemustaka di
Univeritas Muhammadiyah Makassar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Muhammadiyah
Makassar dengan jumlah populasi 11.063 pemustaka dan sampel yang diambil
sebanyak 99 pemustaka dengan menggunakan Teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, uji validitas, uji
realibilitas, uji korelasi, dan uji regresi menggunakan rumus IBM SPSS v 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan referensi di perpusakaan
Muhammadiyah Makassar masuk dalam kategori besar (B) dengan skor persentse
sebesar 77,27%. Sementara kepuasan pemustaka di perpustakaan Muhammadiyah
Makassar masuk dalam kategori cukup besar (CB) dengan skor persentase 79,28%.
Ada hubungan dan pengaruh kualitas layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka
di Universitas Muhammadiyah Makassar sebesar 0,272 masuk dalam kategori rendah,
hal ini ditunjukkan dengan angka koefisien diterminasi sebesar 27% dan sisanya 73%
yang ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil hipotesis dapat dibandingkan antara
nilai r hitung dan r tabel dengan taraf kesalahan 5%, maka dapat diperoleh bahwa nilai
r hitung 0,272 lebih besar dari r tabel 0,1975, maka hipotesis diterima, artinya ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan referensi terhadap
kepuasan pemustaka di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dari
semua yang menyatakan setuju terdapat 80,80% dengan kata lain 80 responden pada
layanan referensi selalu mengalami peningkatan, sedangkan pada persentase yang
terendah dengan 62,62% atau 62 responden berada pada pustakawan bagian layanan
refensi berinteraksi baik.
Implikasi dari penelitian ini adalah adanya upaya-upaya yang dilakukan yaitu
perilaku pustakawan pada bagian layanan referensi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor
internal dan eksternal. Namun pengaruh kepemimpinan kepala perpustakaan dan kinerja
pustakawan lainnya harus ditingkatkan.
No other version available