Perpustakaan FAH UIN Alauddin

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH KUALITAS LAYANAN REFERENSI TERHADAP KEPUASAN
PEMUSTAKA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Bookmark Share

Text

PENGARUH KUALITAS LAYANAN REFERENSI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Indah Wahyuningsih - Personal Name;

Skripsi ini membahas tentang pengaruh layanan referensi terhadap kepuasan
pemustaka di Universitas Muhammadiyah Makassar. Rumusan masalah skripsi ini
adalah seberapa besar pengaruh kualitas layanan referensi terhadap pemustaka di
Univeritas Muhammadiyah Makassar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Muhammadiyah
Makassar dengan jumlah populasi 11.063 pemustaka dan sampel yang diambil
sebanyak 99 pemustaka dengan menggunakan Teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, uji validitas, uji
realibilitas, uji korelasi, dan uji regresi menggunakan rumus IBM SPSS v 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan referensi di perpusakaan
Muhammadiyah Makassar masuk dalam kategori besar (B) dengan skor persentse
sebesar 77,27%. Sementara kepuasan pemustaka di perpustakaan Muhammadiyah
Makassar masuk dalam kategori cukup besar (CB) dengan skor persentase 79,28%.
Ada hubungan dan pengaruh kualitas layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka
di Universitas Muhammadiyah Makassar sebesar 0,272 masuk dalam kategori rendah,
hal ini ditunjukkan dengan angka koefisien diterminasi sebesar 27% dan sisanya 73%
yang ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil hipotesis dapat dibandingkan antara
nilai r hitung dan r tabel dengan taraf kesalahan 5%, maka dapat diperoleh bahwa nilai
r hitung 0,272 lebih besar dari r tabel 0,1975, maka hipotesis diterima, artinya ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan referensi terhadap
kepuasan pemustaka di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dari
semua yang menyatakan setuju terdapat 80,80% dengan kata lain 80 responden pada
layanan referensi selalu mengalami peningkatan, sedangkan pada persentase yang
terendah dengan 62,62% atau 62 responden berada pada pustakawan bagian layanan
refensi berinteraksi baik.
Implikasi dari penelitian ini adalah adanya upaya-upaya yang dilakukan yaitu
perilaku pustakawan pada bagian layanan referensi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor
internal dan eksternal. Namun pengaruh kepemimpinan kepala perpustakaan dan kinerja
pustakawan lainnya harus ditingkatkan.


Availability
#
Perpustakaan FAH UIN Alauddin IP-2023-IND p
IP-2023-IND p
Available but not for loan - No Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
IP-2023-IND p
Publisher
Makassar : FAH. Adab & Humaniora UIN ALauddin., 2023
Collation
xiii, 108 hlm.; ilus. ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IP-2023-IND p
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Kepuasan pemustaka
Layanan referensi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan FAH UIN Alauddin
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?