Perpustakaan FAH UIN Alauddin

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMANFATAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
SISWA DI MTsN 3 LEMBATA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
Bookmark Share

Text

PEMANFATAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI MTsN 3 LEMBATA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Marwiyah A. Making - Personal Name;

Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber
Belajar Siswa di Madrasah Tsaawiyah Negeri (MTsN) 3 Lembata Provinsi Nusa
Tengara Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa Tinggi
Tingkat Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa di Madrasah
Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Lembata Porovinsi Nusa Tengara Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif.
Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah,guru-guru, kepala perpustakaan,
pustawan dan siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket,
observasi dan dokumentasi. Lalu teknik pengelolahan data analisis data yaitu
dengan sampel sebanyak 100 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3
Lembata Porovinsi Nusa Tengara Timur. dengan Rumus yang di gunakan adalah
rumus skala dicotomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan perpustakaan
sebagai sumber belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Lembata
berada pada kategori tinggi untuk indikator pemanfaatan koleksi dan jenis koleksi
yang diminati, karena berada pada interpretasi skor interval tinggi 60% hingga
79,99%. Yaitu siswa memanfaatkan layanan peminjaman buku di perpustakaan
79%, buku tentang keagama yang ada di perpustakaan menarik untuk dibaca 82%,
Siswa menyukai koleksi Novel yang ada di perpustakaan 74% dan Siswa
membaca buku cerita rakyat yang ada di perpustakaan 77%.
Implikasi penelitian ini yaitu pustakawan dapat melakukan penerapan
penjadwalan jam pelayanan perpustakaan yang lebih efektif dan efisien dengan
melakukan sinkronisasi jadwal belajar siswa serta melakukan kerja sama dengan
pihak sekolah untuk monitoring dan evaluasi jadwal pelayanan perpustakaan.
Menjadi daftar rujukan dan bahan acuan bagi pustakawan dalam melakukan
pengadaan dan pengembangan koleksi perpustakaan sekolah agar lebih tepat
guna. Jenis koleksi seperti buku pelajaran umum,majalah, kumpulan kliping,
kamus bahasa inggris, kamus bahasa indonesia, buku agama dan buku cerita
rakyat.


Availability
#
Perpustakaan FAH UIN Alauddin IP-2023-MAR p
IP-2023-MAR p
Available but not for loan - No Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
IP-2023-MAR p
Publisher
Makassar : FAH. Adab & Humaniora UIN ALauddin., 2023
Collation
xi, 91 hlm.; ilus. ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IP-2023-MAR p
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pemanfaatan
Sumber belajar
MTsN3 Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan FAH UIN Alauddin
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?