Text
PERILAKU SISWA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI 2 TOMPOBULU KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN GOWA HALAMAN JUDUL
Skripsi ini membahas tentang perilaku siswa di perpustakaan SMP Negeri
2 Tompobulu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perilaku siswa dalam
pemanfaatan perpustakaan di SMP Negeri 2 Tompobulu dan bagaimana
pemanfaatan perpustakaan di SMP Negeri 2 Tompobulu.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi diperoleh dari lapangan secara langsung
dengan 8 orang informan sebagai sumber data yang dideskripsikan secara
terperinci dalam hasil penelitian. Selanjutnya, teknik pengelolahan dan analisis
data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan perpustakaan di SMP
Negeri 2 Tompobulu menunjukkan bahwa perilaku siswa di perpustakaaan sudah
sesuai dengan prosedur perpustakaan. Siswa yang berkunjung ke perpustakaan
telah mematuhi aturan-aturan yang ada di perpustakaan. Hal ini dilihat ketika
siswa masuk ke perpustakaan untuk membaca buku, meminjam buku dan
mengembalikan buku tepat waktu. Akan tetapi adapun siswa yang apabila masuk
keperpustakaan tidak untuk belajar tetapi untuk tidur dan mengganggu
pengunjung yang lain. Siswa di perpustakaan SMP Negeri 2 Tompobulu sangat
memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar yang dapat membantu siswa
dalam mengerjakan tugas dan Sebagai sumber informasi yang dapat
dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka dan
sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi siswa di perpustakaan.
Implikasi pada penelitian ini yakni siswa yang berkunjung ke
perpustakaan memanfaatkan koleksi dengan sangat baik, dijadikan sebagai
sumber informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang
dibutuhkan oleh siswa. Pengelolah perpustakaan agar lebih memperhatiakan siswa
yang berkunjung ke perpustakaan agar dapat mengetahui maksut dan tujuan siswa
ketika berkunjung ke perpustakaan dan menambah koleksi yang ada di
perpustakaan agar kebutuhan informasi siswa bisa terpenuhi.
No other version available