SKRIPSI
OPTIMALISASI PELAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KABUPATEN GORONTALO
Skripsi ini membahas tentang Optimalisasi pelayanan pustakawan terhadap
pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana bentuk pelayanan di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Gorontalo dan bagaimana upaya
mengoptimalisasikan pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah
Kabupaten Gorontalo.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk pelayanan di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Gorontalo serta untuk mengetahui
upaya mengoptimalisasikan pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Daerah Kabupaten Gorontalo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah
kepala perpustakaan, pustakawan dan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Daerah Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum bentuk pelayanan di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Gorontalo adalah
memberikan pelayanan yang cepat dan tepat serta mengedepankan etika dalam
memberikan pelayanan. Kemudian upaya perpustakaan dalam
mengoptimalisasikan pelayanan adalah melakukan transformasi pelayanan dengan
mewujudkan perpustakaan berbasis inklusi sosial dan sedang merencanakan
pelayanan menggunakan aplikasi, melakukan pengadaan koleksi-koleksi terbaru
setiap tahunnya, bekerjasama dengan pemerintah terkait dengan pengadaan koleksi-
koleksi tersebut serta menambah jumlah sumber daya manusia yang kompeten atau
yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang perpustakaan. Adapun
kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten.
No other version available