Text
PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN ABDURRASYID DAENG LURANG
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Layanan Perpustakaan Terhadap
Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan terhadap
kepuasan pemustaka di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang dan seberapa
besar pengaruh layanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di
Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
apakah ada pengaruh layanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan
Abdurrasyid Daeng Lurang dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
layanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Abdurrasyid
Daeng Lurang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian asosiatif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pemustaka yang datang berkunjung di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang
yang tercantum dilihat di data statistik pengunjung selama 3 bulan yakni pada
bulan Desember 2022 sampai bulan Februari 2023 sebanyak 640 orang,
sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 orang yang diambil dari
jumlah populasi dengan menggunakan rumus slovin dengan teknik accidental
sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi,
sedangkan pada uji validitas, uji realibilitas, uji korelasi, uji regresi linear
sederhana menggunakan bantuan program SPSS V.23.
Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian 86 responden menyatakan
bahwa pengaruh variabel X (layanan perpustakaan) terhadap variabel Y (kepuasan
pemustaka) adalah sebesar 0,476. Nilai signifikansinya sebesar 0.000 < 0.05 dan
nilai r hitung 0,476 > r tabel 0,212 sehingga terdapat pengaruh yang sedang antara
layanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng
Lurang. Besar pengaruh layanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka jika
dipersentasekan sebesar 22,7% sehingga masuk pada kategori kurang pada
pedoman interpretasi koefisien korelasi, sedangkan sisanya 77,3% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Implikasi pada penelitian ini adalah: 1) Perpustakaan Abdurrasyid Daeng
Lurang dapat meningkatkan perhatian kepada pemustaka dengan cara
menanyakan langsung informasi apa yang sedang pemustaka cari dilayanan
sehingga pemustaka mendapatkan informasi yang cepat, dengan memenuhi suatu
kebutuhan pemustaka maka dapat menghasilkan suatu kepuasan. 2) Kegiatan
stock opname pada perpustakaan dan kegiatan pelatihan pendidikan kepada
pemustaka dapat mengetahui fungsi dan manfaat pada perpustakaan sehingga
pemustaka tidak kesulitan dalam menemukan atau mencari informasi yang
diinginkan.
No other version available