Text
STRATEGI PROMOSI LAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR
Skripsi ini berjudul “Strategi Promosi Layanan Perpustakaan di
Perpustakaan Hasanuddin Makassar”. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah
bentuk promosi yang digunakan oleh perpustakaan Universitas Hasanuddin dan
inovasi dalam promosi layanan perpustakaan di Perpustakaan Universitas
Hasanuddin Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi apa yang digunakan oleh perpustakaan Universitas Hasanuddin dalam
mempromosikan perpustakaannya dan mengetahui inovasi promosi layanan apa
saja yang dilakukan oleh Perpustakan Universitas Hasanuddin Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Humas, koordinator
layanan, dan pustakawan sebagai orang yang merancang dan menjalankan strategi
promosi, serta mahasiswa sebagai pustakawan dan pengguna layanan
perpustakaan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh
Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar yaitu dengan mengutamakan
media sosial, perpustakaan keliling, kunjungan dari luar, pameran, pembuatan
jalan bagi penyandang disabilitas dan lift khusus untuk mereka serta layanan
khusus agar kebutuhan informasi dan fasilitas dapat termanfaatkan, sehingga
perkembangan layanan perpustakaan dapat berinovasi dari waktu ke waktu
beriringan dengan perkembangan zaman.
Implikasi dari penelitian ini yaitu sebagai masukan dan penambah
khazanah keilmuan bagi siapa saja yang ingin melakukan promosi layanan
perpustakaan. Meningkatkan kualitas diri dan kualitas strategi promosi layanan
agar pemanfaatan perpustakaan dapat terpenuhi. Serta memotivasi pemustaka
dalam meningkatkan keinginan untuk menggunakan fasilitas agar perpustakaan
termanfaatkan.
No other version available