SKRIPSI
PENGARUH PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM PROBLEM BASED LEARNING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BIMA
Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan
terhadap penerapan kurikulum problem based learning di Madrasah Aliyah Negeri 2
Kota Bima. Rumusan masalah yang menjadi pokok penelitian ini yaitu seberapa besar
pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakan terhadap penerapan kurikulum problem
based learning di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bima?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui seberapa besar pengaruh
pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap penerapan problem based learning di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bima
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan IPA dengan jumlah
sampel sebanyak 68 responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu
dengan membagikan kuesioner secara online menggunakan google form.
Hasil penelitian melalui uji analisis deskriptif frekuensi ini menunjukkan
bahwa variabel pemanfaatan koleksi perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota
Bima diperoleh hasil sebesar dengan rentang skor (680-2720) berada pada daerah
sedang dengan presentase 71,80%. Sedangkan, untuk variabel pengaruh penerapan
kurikulum Problem Based Learning diperoleh skor sebesar 1.631 dengan presentase
66,62% dengan rentang skor (612-2448) berada pada daerah sedang. berdasarkan
hasil uji regresi teradapat pengaruh antara pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap
penerapan problem based learning. Berdasaran hasil uji dengan metode t test dengan
nilai t hitung 2,025 sementara t tabelnya adalah sebesar 1,997. Berdasarkan hal
tersebut, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh
pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap penerapan problem based learning di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan
menggunkan uji koefisien determinasi (R2) adalah 0,066 dan nilai KD sebesar 6,6%
hal ini berarti bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan memiliki pengaruh 6,6%
terhadap penerapan problem based learning.
No other version available