Text
PENGARUH IMAGE BRANDING DUTA BACA PROVINSI SULAWESI SELATAN TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Image Branding Duta Baca Provinsi
Sulawesi Selatan terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, rumusan masalah yang diangkat dalam
penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Image Branding Duta terhadap Minat Kunjung
Pemustaka dan Seberapa besar Pengaruh Image Branding Duta Baca terhadap Minat
Kunjung Pemustaka.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh image
branding duta baca Provinsi Sulawesi Selatan terhadap minat kunjung pemustaka serta
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh image branding duta baca terhadap minat
kunjung pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian asosiatif kausal yang
bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau
lebih. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah 5.835 pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan
yang memanfaatkan jasa perpustakaan. Teknik pengambilan sample menggunakan
rumus Slovin sehingga yang menjadi sample dalam penelitian ini sebanyak 98
responden. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner dan teknik pengolahan data
dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 23.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah berdasarkan analisis korelasi
product moment maka diperoleh nilai korelasi sebesar 0,651 hal ini menunjukkan nilai
korelasi kuat karena berada pada interval 0,60 – 0,799, artinya image branding duta
baca memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat kunjung pemustaka di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh
nilai sebesar 42,3% pengguna jasa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyatakan
bahwa image branding duta baca memberikan pengaruh yang positif. Tingkat
signifikan variabel image branding duta baca sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,01
artinya signifikan dan Ha diterima maka H0 ditolak, dengan demikian promosi
perpustakaan dengan image branding duta baca berpengaruh terhadap peningkatan
minat kunjung pemustaka. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa image
branding duta baca akan berdampak pada peningkatan minat kunjung pemustaka.
No other version available