SKRIPSI
ANALISIS PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Skripsi ini membahas tentang analisis pemanfaatan jurnal elektronik oleh
mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Adapun rumusan
masalah pada skripsi ini yaitu Berapa besar tingkat pemanfaatan jurnal elektronik
oleh mahasiswa fakultas psikologi Universitas Negeri Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket atau
kuesioner sebagai instrumen penelitian. Adapun populasinya sebanyak 1732 orang
dan sampel 95 responden. Teknik pengolahan dan analisis data berupa teknik
analisis deskriptif, kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan Ms.Excel 2010
dan IBM SPSS Versi 22.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa tingkat
pemanfaatan jurnal elektronik bagi mahasiswa dikategorikan Tinggi, dengan
persentase 76%. Hal ini dapat dilihat dari indikator jenis jurnal elektronik yang
dimana mahasiswa mengetahui keberadaan jurnal lokal dengan jurnal berbayar
dengan persentase 50,5%. Sedangkan indikator pemanfaatan pernyataan yang paling
dominan yaitu pemanfaatan yang sesuai dengan tugas yang diberikan oleh dosen
dengan nilai persentase sebanyak 64,2%. Adapun indikator tentang kualitas jurnal
yang dimana pernyataan yang paling dominan yaitu jurnal yang menyediakan
berbagai macam artikel dengan persentase 55,8%. Dari beberapa karakteristik
responden berdasarkan angkatan, mahasiswa yang paling sering memanfaatkan jurnal
elektronik yaitu angkatan 2019 dengan jumlah persentase sebanyak 36,8 %.
Implikasi dari penelitian ini yaitu dengan adanya jurnal elektronik dapat
membantu mahasiswa dalam mendapatkan berbagai sumber dan informasi yang
diinginkan, membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan baik
individu maupun kelompok yang diberikan oleh dosen, membatu mahasiswa dalam
mendapatkan artikel dan referensi yang dibutuhkan dalam membantu mahasiswa
dalam hal pengembangan belajar.
No other version available