SKRIPSI
ANALISIS PEMANFAATAN E-LEARNING PANRITA SEBAGAI LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Skripsi ini membahas tentang “Analisis pemanfaatan e-Learning Panrita
sebagai literasi digital bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin
Makassar” pokok permasalahan dari skripsi ini adalah bagaimana pengaruh
pemanfaatan E-learning Panrita dalamm mengukur kemampuan literasi digital
mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Aluddin Makassar.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
pemanfaatan E-learning Panrita dalam mengukur, mengasah dan meningkatkan
kemampuan literasi digital mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin
Makassar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode
yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dari informan yaitu dengan
mengedarkan angket kepada 60 sampel dari 149 populasi mahasiswa Jurusan Ilmu
Perpustakaan angkatan 2016, didukung dengan beberapa metote lainnya yaitu observai
dan dokumentasi. Peneliti mengguknakan teknik random sampling.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan program SPSS Versi 21
menunjukkan bahwa hasil uji validitas diketahui rHitung > 0,254 (taraf signifikansi 5
%) pada semua item pernyataan sehingga semua item pernyataan dikategorikan ‘valid’.
Sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha sebesar
0.907, sehingga data dikategorikan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor
pengaruh pemanfaatan Elearning Panrita dalam mengukur kemampuan literasi digital
mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar sebesar 5184 termasuk
kategori Besar dengan rentang skor (1080-5400), nilai 5184 termasuk dalm interval
berpengaruh Besar mendekati Sangat Besar dengan nilai 96%.
No other version available