Text
PERAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MAROS
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap
Peningkatan Literasi Digital Siswa di SMPN 1 Tompobulu Kab Gowa, dengan
rumusan masalah berapa Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan
Literasi Digital siswa di SMPN 1 Tompobulu Kab Gowa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gerakan literasi
Sekolah Terhadap Peningkatan Literasi Digital Siswa di SMPN 1 Tompobulu Kab
Gowa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Gerakan Literasi Sekolah
sebagai Variabel independent, dan Literasi Digital sebagai Variabel dependent.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif (pengaruh) dengan pendekatan
kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer, dimana metode
pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada seluruh
siswa yang ada di SMPN 1 Tompobulu. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 81
responden. Dengan pengolaan data primer menggunakan teknik analisis dengan
bantuan software statistik SPSS versi 22.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan literasi sekolah
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan literasi digital
siswa di SMPN 1 Tompobulu Kab Gowa sebesar 0,811 atau 81,1 %, sedangkan
sisanya sebesar 18,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kegiatan literasi sekolah menjadi hal yang kompleks dalam
membentuk kemampuan siswa di SMPN 1 Tompobulu mulai dari berfikir secara
analitis, sintesis, evaluatif, kritis, imajinatif dan kreatif sehingga implementasi literasi
digital dianggap sebagai bagian yang sangat penting dalam kegiatan gerakan literasi
sekolah.
No other version available