Text
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMP ABDI PEMBANGUNAN MAKASSAR
Skripsi ini berjudul Efktivitas pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan
layanan pemustaka di sekolah SMP Abdi Pembangunan Makassar. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana efektivitas pelayanan
perpustakaan SMP Abdi Pembangunan Makassar? Kedua, Seberapa besar pengaruh
pengelolaan perpustakaan terhadap tingkat layanan di perpustakaan SMP Abdi
Pembangunan Makassar?
Penelitian ini bertiujuan untuk mengetahui efektivitas layanan perpustakaan
di SMP Abdi Pembangunan Makassar, dan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh pengelolaan perpustakaan terhadap tinggkat layanan di perpustakaan
SMP Abdi Pembangunan Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2019 bertempat di
perpustakaan sekolah SMP Abdi Pembangunan Makassar. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tekhnik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner (Angket).
Sedangkan tekhnik pengolahan data atau menganalisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Disamping itu penelusuran melalui
berbagai dokumen atau bahan pustaka yang erat kaitannya dengan masalah yang
diteliti.
Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah efektivitas dan pengaruh
pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan layanan pemustaka, penggunaan
sampel pada penelitian ini adalah 15% dari polulasi atau 34 orang siswa/i yang
berkunjung di perpustakaan sekolah SMP Abdi Pembangunan Makassar selama
penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif dengan hasil pembahasan 11 tabel yang telah dijawab oleh
responden dapat disimpulkan bahwa rata-rata responden menjawab pengelolaan
perpustakaan di sekolah SMP Abdi Pembangunan Makassar sudah dapat dikatakan
baik atau efektif dan pengelolan perpustakaan tersebut sangat berpengaruh kepada
peningkatan semangat membaca siswa/i dalam ruangan perpustakaan.
No other version available