Text
PENGARUH PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 ANTANG MAKASSAR
Skripsi ini membahas tentang pengaruh perpustakaan sekolah terhadap
prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Antang Makassar.
Pokok masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh perpustakaan
sekolah terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12
Antang Makassar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
perpustakaan sekolah terhadap. Adapun manfaat dalam penelitian ini ada dua
yaitu manfaat praktis dan manfaat teoritis.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian asosiatif
dengan pendekatan kuantitatif, yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah
pengunjung perpustakaan SMA Negeri 12 Antang Makassar dari bulan Januari-
Desember tahun 2017 dengan jumlah rata-rata pengunjungnya perbulan 165
pemustaka dan yang menjadi sampel dari penelitian ini yaitu 105 responden hal
ini di dapat dengan menggunakan pedoman table Isaac dan Michael dengan
mengambil taraf kesalahan 10% dari populasi 165 dibulatkan menjadi 170, maka
dapat di ambil sampel sebanyak 105 responden. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
data metode kuantitatif yang merupakan metode pengolahan data yang bersifat
statistic.
Berdasarkan pengolahan data melalui SPSS maka hasil penelitian
menunjukkan ada pengaruh antara variable perpustakaan sekolah terhadap
variabel prestasi belajar siswa sebesar 12,7% Maka pengaruh perpustakaan
sekolah prestasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri 12 Antang Makassar
masuk dalam kategori rendah.
No other version available