Text
STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 MAKASSAR
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Pengembangan Perpustakaan dalam
Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa SMA Negeri 11 Makassar”. Rumusan masalah
dari penelitian adalah Bagaimana strategi pengembangan perpustakaan dalam
meningkatkan efektitas belajar SMA Negeri 11 Makassar, dan Kendala apa saja yang
dihadapi dalam pengembangan perpustakaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan perpustakaan
dalam meningkatkan efektitas belajar SMA Negeri 11 Makassar dan untuk mengetahui
kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan perpustakaan SMA Negeri 11
Makassar
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskkriptif dengan
pendekatan kualitatif yang menggunakan wawancara untuk mendeskripsikan data yang
penulis peroleh secara langsung, untuk memperoleh gambaran yang jelas dan terperinci
tentang bagaimana strategi pengembangan perpustakaan dalam meningkatkan
efektivitas belajar Siswa Di SMA Negeri 11 Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengembangan perpustakaan
dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa SMA Negeri 11 Makassar perlu adanya
Strategi pengembangan pengelola yang dilakukan adalah menambah pengelola yang
ahli dalam bidang perpustakaan. Strategi pengembangan koleksi yang dilakukan adalah
memberi label setiap buku agar mempermudah dalam mencari dan menyimpan buku
di rak. Strategi pengembangan sarana dan prasarana yang dilakukan adalah menambah
fasilitas serta memperluas gedung. Kendala-kendala yang dihapai dalam
pengembangan perpustakaan yaitu kendala utamanya adalah dana untuk pengadaan
fasilitas, kurangnya perhatian kepala sekolah terhadap pengembangan perpustakaan.
Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut perlu mengajukan pengadaan fasilitas
kepada bendahara sekolah agar teralisasikan, harapan pengelola perpustakaan dengan
adanya kepedulian kepala sekolah terhadap pengembangan perpustakaan.
No other version available