Text
Optimalisasi Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan
oleh perpustakaan sekolah dalam mengoptimalkan peran perpustakaan
sekolah sebagai sumber belajar siswa yaitu memperbaiki fasilitas dan
melengkapi buku-buku di perpustakaan, kerjasama pengelola perpustakaan
dengan guru, serta pelatihan bagi pengelola perpustakaan agar dapat
memperbaharui pengetahuan terkait teknologi terbaru dalam bidang
perpustakaan. 2) Kendala yang dihadapi oleh perpustakaan sekolah dalam
mengoptimalkan peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa
yaitu koleksi bahan bacaan yang masih terbatas, sehingga belum mampu
memenuhi kebutuhan siswa secara menyeluruh. Selain itu, keterbatasan
sumber daya manusia (SDM) juga menjadi tantangan tersendiri dalam
pengelolaan perpustakaan. Anggaran yang ada saat ini belum mencukupi
untuk meningkatkan fasilitas dan koleksi buku. Serta sarana dan prasarana
masih perlu diperbaiki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi
peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SD Negeri 75
Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai masih belum berfungsi
secara optimal.
No other version available