Perpustakaan FAH UIN Alauddin

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Mata Baru Penelitian Perpustakaan Dari Servqual ke LibQUAL+tm
Bookmark Share

Text

Mata Baru Penelitian Perpustakaan Dari Servqual ke LibQUAL+tm

Endang Fatmawati - Personal Name;

Pengukuran kinerja perpustakaan biasanya dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif tetapi seiring dengan perkembangan jaman penggunaan dengan metode kuantitatif dianggap kurang memadahi. Salah satu fenomena yang amat mempengaruhi perkembangan standar penelitian adalah Total Quality Management (TQM), sebuah gerakan di kalangan manajemen bisnis untuk mengaitkan kualitas produksi, kepuasan pelanggan dan kinerja.

Bila standar ini diterapkan di perpustakaan, maka pelanggan yang dimaksud adalah pemustaka. Layanan perpustakaan yang berkualitas adalah upaya maksimal yang mampu diberikan oleh perpustakaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pemustaka sehingga tercapai suatu kepuasan. Evaluasi layanan berdasar perspektif pemustaka sangat penting mengingat yang dapat menilai suatu layanan adalah yang menerimanya.


Metode terbaru & belum banyak digunakan adalah metode LibQUAL+TM, yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari SERVQUAL khusus bidang perpustakaan, didalamnya dikaji harapan menurut harapan pemakai/pemustaka, dari harapan minimum sampai harapan idealnya mengenai akses informasi. Pengertian dari metode LibQUAL+TMyaitu metode pengukuran kualitas layanan perpustakaan berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka terhadap instrumen atau dimensi layanan. Dimensi pokok LibQUAL+TMyang dibahas dalam buku ini yaitu Kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani (Service Affect –SA) fasilitas dan suasana ruang perpustakaan (Library as Place – LP), Petunjuk dan sarana akses (Personal Control – PC) dan akses informasi (Informaton Access – IA). (anita)


Availability
#
Perpustakaan FAH UIN Alauddin 020.7 END m
2024-0498
Available
#
Perpustakaan FAH UIN Alauddin 020.7 END m
2024-0499
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
020.7 END m
Publisher
Jakarta : CV Agung Seto., 2013
Collation
xli., 407 hlm.;20cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-271-011-0
Classification
020.7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
Perpustakaan, ilmu
Penelitian, Perpustakaan
Servqual-Libqual
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan FAH UIN Alauddin
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?