Text
Digitalisasi Cerita Rakyat Sebagai upaya preversi Budaya Lokal dari Ancaman Disruosi PSI Budaya
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan digitalisasi cerita rakyat pada pembelajaran English Drama pada inahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris. Selain itu, untuk mengevaluasi respon mahasiswa terhadap penerapan digitalisasi cerita rakyat sebagai bagian dari upaya preservasi budaya dalam pembelajaran kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif dari perilaku yang dapat diamati. Subjek atau populasi dari penelitian adalah mahasiswa semester IV kelas AG 2 dan AG 3 jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar TA 2021-2022. Objek penelitian yaitu pembelajaran Mata Kuliah English Drama dengan menerapkan model “active learning” berupa pendigitalisasian drama cerita rakyat ke dalan bentuk video animasi. Teknik penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan survey untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa projek ini berhasil menghadirkan video drama animasi yang mengedukasi dan menarik untuk ditonton masyarakat umum. Selain itu, semua mahasiswa yang terlibat merespon positif penerapan projek digitalisasi cerita rakyat dan menganggap proses dan pelaksanaannya berhasil, terutama sebagai salah satu upaya dalam mempreservasi budaya lokal.
No other version available