Text
’’Analisis Pemanfaatan Layanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jeneponto”.
Hasil penelitian menunjukan upaya yang dilakukan pustakawan
dalam melayani pemustaka adalah dengan memberikan bantuan dalam hal
peminjaman dan pengembalian buku dengan berpedoman pada SOP yang
berlaku. Keramahan dalam melayani pemustaka dapat mendorong
pemustaka untuk kembali berkunjung ke perpustakaan. Terutama bagi
pemustaka yang membutuhkan referensi, membutuhkan bimbingan untuk
mencari sebuah koleksi perpustakaan. Selain itu, pustakawan yang
profesional dan berkualitas juga menjadi penilaian pemustaka sehingga
dapat menciptakan rasa puas terhadap layanan yang diberikan. Hal ini dapat
menambah daya tarik pemustaka serta meningkatkan jumlah kunjungan.
Dalam peminjaman koleksi perpustakaan, pemustaka memanfaatkan
berbagai koleksi cetak yang disediakan baik itu buku novel, sejarah ekonomi,
maupun buku pelajaran dan buku yang menunjang perkuliahan, sekolah dan
penelitian, baik bagi yang membaca ditempat atau meminjam koleksi.
Layanan sirkulasi memungkinkan pemustaka meminjam koleksi dan
mengembalikannya sesuai tanggal pengembalian yang ditentukan. Individu
yang sering mengunjungi perpustakaan untuk tujuan membaca, belajar, atau
bekerja Perpustakaan dapat memiliki anggota tetap seperti guru, siswa,
sekolah, atau mahasiswa universitas, tetapi juga dapat memiliki pengunjung
tetap.
No other version available