Text
Peran Pustakawan Dan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa Di SMK Negeri 4 Gowa
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pustakawan dan
guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SMK
Negeri 4 gowa. Peran pustakawan sebagai: (a)edukator, mendidik siswa
mengenai prosedur peminjaman dan pengembalian koleksi di perpustakaan.
(b)manajer informasi, memberikan layanan informasi kepada siswa. (c)
administrator, memastikan pengelolaan koleksi berjalan dengan baik. Peran
guru sebagai (a)pendidik, membimbing perkembangan pengajaran siswa.
(b)pembimbing, membimbing siswa menemukan informasi. (c)motivator,
guru sudah berusaha memotivasi siswa untuk berkunjung ke perpustakaan
tapi belum berhasil secara maksimal (d)teladan, memberikan contoh
langsung kepada siswa tentang cara memanfaatkan perpustakaan.
(e)fasilitator, membantu siswa memanfaatkan perpustakaan. (f)navigator
informasi, memberikan informasi kepada siswa. Adapun faktor penghambat
dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SMK
Negeri 4 Gowa adalah kurangnya motivasi yang dimiliki siswa contohnya
kemudahan akses informasi melalui internet yang membuat siswa cenderung
mencari refernsi secara daring dan siswa merasa perpustakaan terlalu jauh
dari kelasnya sehingga siswa jarang berkunjung ke perpustakaan.
No other version available