Text
Pengaruh Pendidikan Pemustaka Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di SMA 2 Woha Kota Bima
Temuan penelitian ini mengungkapkan hubungan yang signifikan dan
positif secara statistik antara Pendidikan Perpustakaan (X) dan Pemanfaatan
Perpustakaan (Y) di kalangan siswa di SMA Negeri 2 Woha di Kota Bima.
Secara khusus, koefisien determinasi (R2 ) menghasilkan nilai 0,437,
menunjukkan bahwa sekitar 43,70% dari varians dalam Pemanfaatan
Perpustakaan dapat dikaitkan dengan Pendidikan Perpustakaan, sedangkan
sisanya 56,30% dipengaruhi oleh faktor-faktor asing yang tidak
diperhitungkan dalam penelitian ini. Hasil analisis korelasi Pearson
menunjukkan adanya korelasi positif sedang hingga kuat (r = 0,661) antara
kedua variabel, dengan koefisien korelasi berada pada interval 0,60-0,799. Hal
ini menunjukkan bahwa Pendidikan Perpustakaan memiliki dampak yang
substansial dan signifikan terhadap Pemanfaatan Perpustakaan, dengan bukti
yang menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Perpustakaan yang efektif
dapat meningkatkan pemanfaatan sumber daya perpustakaan. Selain itu,
Pendidikan Pemustaka juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman
dan kemahiran siswa dalam memanfaatkan layanan perpustakaan, sehingga
xiii
memudahkan akses informasi dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia
secara optimal.
No other version available