Text
Haji Abdul Malik Karim Amrullah: Pelopor Pembaruan Pendidikan Islam Modern di Indonesia Tahun 1930-1981 M
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Haji Abdul Malik
Karim Amrullah (1908-1981) Latar belakang keluarga dan kelahiran, dengan
latar belakang keluarga ulama pembaharu Minangkabau dengan pendidikan
baik pendidikan formal, informal dan nonformal, serta penulisan 100 lebih
karya yang memadukan tradisi Islam dengan modernitas. Kedua, peran Haji
Abdul Malik Karim Amrullah dalam Pembaruan Pendidikan Islam modern di
Indonesia dilihat dari pemikirannya yang visioner dimulai dari pra
kemerdekaan dan pasca kemerdekaan. Haji Abdul Malik Karim Amrullah
menekankan pentingnya keseimbangan antara pengembangan intelektual,
spiritual, dan sosial peserta didik. Pemikirannya yang kontekstual ini terus
relevan sebagai rujukan pembaruan pendidikan Islam di Indonesia. Ketiga,
konsep Haji Abdul Malik Karim Amrullah dalam pembaruan pendidikan Islam
modern di Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan melalui konsep
integrasi ilmu agama dan umum, pembentukan karakter, serta pendidikan
yang relevan dengan zaman. Gagasannya tentang kurikulum holistik dan peran
pendidik sebagai teladan multidimensi menginspirasi lembaga pendidikan
seperti Tabligh School atau yang dikenal Kuliyatul Mubalighin, dan Sekolah Al-
Azhar.
No other version available