Text
Mengajar sejarah secara efektif (studi aplikasi metodologi berdasarkan pengalaman mengajar pada jurusan sejarah dan kebudayaan islam)
hasil penelitian ini meliputi: 1)konsep dalam pembelajaran sejarah adalah memberikan pembelajaran sejarah pada anak didik dengan melati mereka agar terbiasa dengan persoalan-persoalan tentang sejarah sehingga sejarah dapan menjadi hal yang lumrah bagi anak didik; 2)satu cara yang efektif untuk menumbuhkan minat anak didik, seorang pendidik berusaha memberikan informasi tentang bahan yang akan disampaikan dengan menghubungkan dengan bahan pelajaran yang lalu, dengan berita-berita yang sensional, kemudian diuraikan kegunaanya di masa yang akan datang. seorang pendidik harus kreatif, inofatif dalam menghubungkan sebuah informasi dengan informasi yang lain sehingga tercipta sebuah ketertarikan dari diri anak didik untuk menimbah ilmu pada pendidik tersebut. selain itu pendidik juga diharapkan untuk selalu memotovasi anak didik agar selalu bersemangat dalam menimbah ilmu. ada banyak cara meningkatkan motivasi anak didik seperti memberika hadiah, pujian, nilai, atau memberikan argumen-argumen yang membuat mereka bersaing antara satu dengan yang lain; 3)dalam proses pembelajaran sejarah tidak semuah model metode cocok di terapkan, berdasarkan pengalaman mengajar, adapun metode-metode yang tepat digunakan oleh dosen sejarah asdalah Garis besar Kronologis, Tematis, Garis perkembangan khusus, Regresif, Wisata sejarah dan CTl (cotextual teaching and learning/student centered learning and cooperatif learning).
No other version available