Indeks Artikel
Pengajaran, pembelajaran dan pemerolehan bahasa asing
Memperhatikan sejarah perkembangan pengajaran babasa asing khususnya (dan mulai sekarang) babasa Inggris, kita akan melihat adanya banyak perubahan dan pergeseran fokus yang beraneka ragam. Munculnya aliran deskriptivisme tahun 50-an telah meffibawa orang untuk peccaya bahwa bahasa adalah objek untuk pengkajian ilmiah. Makin maraknya aliran behaviorisme, terutama yang dipelopori oleh Watson pada awal abad ke 20 dan Skinner pada akhir tahun 50-an mengubah secra drastis pandangan orang tentang pembelajaran bahasa. Orang mulai percaya bahwa pembelajaran, terutama bahasa, adalah pembentukan kebiasaan. Lahirnya aliran transformasi tahun 1957 dan falsafah rasionalis yang dimunculkan kembali oleh Chomsky tahun itu meruntuhkan seluruh fondasi linguistik deskriptif. Sebagai akibat sampìngnya, pengajaran bahasa juga bergeser tidak hanya dalam metodologi tetapi juga dalam proses pembe1ajarannya.
No copy data
No other version available