SKRIPSI
Analisis pengetahuan kepustakawanan dengan kreativitas pengelola perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Barru
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuatì kepustakawanan dan
kreativitas pengelola perpustakaan dilihat dañ pengetahuan standar klasifikasi sudah sesuai dengan standar karena berpedoman pada DDC, cara menentukan kelas koleksi-kolekSi perpustakaan juga menggunakan ringkasan DDC 10 kelas umum, 100 divisi dan 1000 seksi. Pengelola perpustakaan SMPN 3 Barru juga sudah mengggunakan standar katalogisasi dalam pengatalogan yaitu ISBD. Begitu juga dengan layanan perpustakaan yaitu layanan sirkulasi dan layanan referensi.Pengelola perpustakaan SMPN 3 Barru tahu bagaimana seharusnya bersikap pada saat melayani pemustaka. Pengetahuan tentang pelestarian bahan pustaka pada umumnya juga sudah tahu karena perpustakaan SMPN 3 Barru sudah melakukan upaya pelestarian bahan pustaka seperti penyemprotan racun serangga. Untuk standar pengelolaan juga sudah berdasarkan Undang-undang perpustakaan No.43 Tahun 2007 tentang SNP untuk SMP.
Bentuk-bentuk kreativitas pengelola perpustakaan SMPN 3 Barru antara
lain: Pengelola perpustakaarì SMPN 3 Barru selalu punya gagasan atau ide-ide baru dalam mengembangkan perpustakaannya seperti: memberikan hadiah setiap tahun bagi siswa yang paling rai in memanfaatkan perpustakaan, menvariasikan aturan kursi dan meja supaya terlihat rapi, mengadakan program wajib kunjung perpustakaan. Upaya yang dilakukan pengelola perpustakaan agar jumlah pengunjungnya selalu meningkat yaitu memberikan motivasi kepada pemustaka untuk selalu memanfaatkan perpustakaan dan selalu menciptakan suasana yang nyaman termasuk dalam memberikan pelayanan. Ide-ide dan kreativitas yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan SMPN 3 Barru sudah bagus namun masih perlu peningkatan.
No other version available