Text
Strategi Pembelajaran Kitab kuning di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang
Disertasi ini memmbahas tentang pondok pesantren merupakan lembaga yang sangat diharapkan akan menjadi tempat penggemblengan para calon ulama dan ilmuan yang mampu membaca dan memahami kitab kuning. Pesantren modern di zaman ini umumnya menerima dan mengakomodir kurikulum nasional yang jumlah mata pelajarannya cukup banyak karena menggabungkan pelajaran umum dan keagamaan sekaligus. Tentunya hal itu akan berdampak terhadap eksistensi pembelajaran kitab kuning, baik dari segi kuantitas, efektifitas dan kualitasnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis realitas strategi pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren modern terbesar di Kabupaten Enrekang ini. Fokus kajiannya dititikberatkan pada tujuan pembelajaran, materi kitab kuning yang digunakan, metode yang digunakan dalam proses pembelajarannya, dan terakhir pada standar keberhasilan pembelaiaran.
No other version available