Text
Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis skripsi, tesis, dan disertasi riset media, public relations, advertising, komunikasi oragnisasi, komunikasi pemasaran
Buku ini menyajikan deskripsi lengkap tentang metode riset komunihasi. Buku ini disusun dengan mencakup dimensi ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu komunikasi. Dari dimensi ontologi, bahasan tentang objek kajian komunikasi mengerucut pada beberapa pertanyaan/ masalah/isu ontologi, yaitu pertanyaan/masalah/isu yang jawabannya menjadi asumsi dasar periset terhadap realitas komunikasi antarmanusia. Asumsi dasar ini disebut perspektif (paradigma/pendekatan). Buku ini membahas empat paradigma dasar dalam riset komunikasi secara detail, seperti positivistik, post-positivistik, konstruktivistik, dan kritis, dengan ciri-ciri hingga pengaruhnya pada aplikasi riset komunikasi. Dari aspek epistemologi, buku ini menawarkan berbagai varian riset komunikasi kontemporer yang bisa dilakukan dalam keempat paradigma di atas. Varian-varian metode yang menunjukkan bahwa komunikasi tidak pernah kekurangan tema-tema riset selaras dengan sifat komunikasi yang ubiquity. Varian-varian riset seperti ekologi komunikasi, readability, readership study, netnografi, meta-analisis, dan lain-lainya dibahas dengan menampilkan contoh-contoh aplikasi praktis. Salah satu yang dibahas penulis adalah etnografi kritis di bidang public relations yang bisa disebut belum banyak dilakukan di Indonesia.
No other version available