Text
Studi Tentang User education Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Maros
Skripsi ini membahas bahwa (1)Pelaksanaan pemberian user education pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros dilakukan dengan beberapa metode, yaitu: a) Melalui pemberian materi dengan konsep seminar atau kelas-kelas formal, b) Penyampaian user education dengan melakukan pendekatan secara individualis atau persuasif: c) Pemberian informasi user education melalui buku pedoman dan pamflet. (2) Selain itu penyampaian materi juga dilakukan dalam beberapa tahapan yakni: a) Orientasi perpustakaan, materinya mengenai perpustakaan seperti tata letak, jam operasional serta jenis-jenis rujukan yang dapat ditemui di perpustakan b) Pengajaran Perpustakaan, materinya mengenai teknik penggunaan indeks, katalog, bahan referensi, spesifikasi referensi dan alat bibliografi, c) Pengajaran Bibliografi, tahapan ini merupakan bagian paling akhir dalam user education. Namun pada pelaksanaanya tahapan ini masih belum pernah dilakukan, dan akan dirancang dengan bekerja sama dengan sekolah atau perguruan tinggi. Meski demikian dalam hal memberikan user education kepada pemustaka, terdapat beberapa kendala yang dihadapi yakni faktor internal berupa keterbatasan sumber daya manusia pustakawan yang masih belum sepenuhnya menguasai penggunaan teknologi perpustakaan. Serta faktor eksternal yakni semakin berkurangnya minat baca generasi muda sehingga pe be 'an materi tidak dapat tersampaikan dengan baik.
No other version available