Buku ini bertujuan membuka wawasan mengenai lembaga informasi yang mencakup perpustakaan, museum, pusat arsip, dan pusat informasi. Selama ini, keempat lembaga tersebut berjalan sendiri-sendiri, padahal keempatnya memiliki karakter umum yang sama, yaitu mengelola informasi. Selain itu, buku ini juga disusun sebagai panduan bagi para pembelajar dan praktisi dalam pengelolaan lembaga informasi.
Buku ini memberikan gambaran tentang bagaimana mengelola perpustakan menurut teori dan pendekatan praktis.
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan dalam mendorong pemanfaatan perpustakaan siswa SMA negeri 15 Bulukumba dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan dalam mendorong pemanfaatan perpustakaan siswa SMA negeri 15 Bulukumba
Buku ini memang layak menjadi acuan utama bagi pustakawan yang ingin berinovasi pembahasannya menyeluruh, mulai dari manajemen, pembangunan sarana dan prasarana.