manusia sebabgai konumen perilakunya selalu berubah dan berkembang sesuai dengan kemajuan peradabannya. ketika sebuah produk atau jasa di tawarkan di pasar umum tidak didasarkan pada analisis sebuah studi yang mendalam tentang perilaku konsumen maka, produk atau jasa tersebut akan bisa laku di pasar.
saat ini kepuasan pelanggan (customer satisfaction) telah menjadi keyword dalam pernyataan visi,misi tujuan, sasaran, postioning, slogan, dan/ atau tagline beraneka ragam organisasi, baik bisnis maupun non bisnis. namun, sayangnya, tak banyak yang sungguh-sungguh memahami apa itu kepuasan pelanggan, bagaimana mengukurnya, serta bagaimana mewujudkannya.
saat ini sudah mendominasi ekonomi dunia dan semakin berkembang pesat. teknologi berkembang secara dramastis. perusahaan industri mungkin akan semakin menurun dengan munculnya model bisnis yang lebih mengarah ke jasa. pleh sebab itu, buku pemasaran jasa abad 21 ini akan membahas tentang berbagai konsep dan permodelan yang berkembang, khususnya [ada sekttor jasa.
Budaya konsumen dan adorno, Horkheimer, Marcuse seringkali disajikan sebagai kritis tentang budaya massa.